pause

Mendongeng Tak Hanya sebelum Tidur

03 Feb, 2020

Kegiatan mendongeng sangat identik dengan kegiatan sebelum tidur, padahal mendongeng bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Tak hanya Ibu lho, Bapak atau Kakek dan Nenek, juga punya tugas mulia untuk berbagi cerita dengan anak-anak. Mendongeng bisa dilakukan ketika dalam perjalanan menuju sekolah, sore hari ketika snack time. Anda bisa sesuaikan, sefleksibel mungkin sehingga buah hati tidak merasa sedang dinasehati.
Cerita apa saja sih yang disukai anak-anak? Tahukah Anda kalau anak-anak suka berbagai cerita asalkan kita dapat membawakannya sesuai dengan kapasitasnya.
Usia 0-1 tahun
Saat yang tepat untuk menceritakan tentang hal-hal yang sangat sederhana (bagi orang dewasa) tapi sangat penting untuk bayi yang baru lahir. Ceritakan tentang betapa indahnya dunia, kehadiran bayi tercinta di tengah keluarga, ceritakan juga siapa orang tua dan kerabat dekatnya. Pastikan bahwa cerita yang Anda sampaikan memberikan pesan bahwa kehadirannya membuat semua orang bahagia
Usia 1- 3 tahun
Secara fisik, terjadi perkembangan yang luar biasa di usia ini. Semakin kompleks dunia bermainnya. Kisah-kisah tentang mengungkapkan emosi, sopan santun, menanamkan kebiasaan baik dan berbudi pekerti sudah bisa diceritakan di fase ini. Jangan pernah beranggapan kalau bayi di usia ini tidak memahami cerita Anda ya!
Usia 3-5 tahun
Usia pra sekolah adalah satu langkah awal bagi orang tua untuk menyiapkan buah hati ke kehidupan sosial yang lebih beragam. Ceritakan hal-hal yang berkaitan dengan sikap, sopan-santun, kedisiplinan dengan cara atau cerita yang menyenangkan. Di usia ini tanamkan juga rasa percaya diri dan menghargai orang lain, baik guru ataupun teman di sekolah.
Tak harus dengan buku yang mewah, mendongeng bisa menggunakan media cerita yang sederhana. Kita sebagai orang tua harus kreatif dan tidak boleh malas bereksplorasi.

PODCAST