pause

CONTAGION Film Yang Ramai ditengah Wabah Virus Corona

24 Mar, 2020

Ditengah ramainya wabah virus Corona, film contagion ramai dibahas oleh warga net. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini menjadi bahan perbincangan lantara, Contagion disebut meramalkan wabah virus corona yang terjadi di masa sekarang.
Film contagion sendiri bercerita tentang virus baru tak bernama yang kemudian disebut MEV-1. Mereka yang terinfeksi MEV-1 memiliki gejala mirip Virus Corona yaitu, batuk,demam tinggi, pusing dan berakhir dengan kematian.Selain itu dalam film Contagion diceritakan bahwasanya virus ini kali pertama menjangkit manusia, ketika sesorang melakukan perjalanan bisnis ke Tiongkok. Alhasil film ini menjadi perbincangan warganet dan penulis skenario pun, Scott Z Burns dicecar diberbagai media.
Dalam klarifikasinya Scott Z. Burns mengatakan “Virus kami di Contagion bukanlah virus Corona. Virus MEV-1 dirancang berdasarkan dua virus yang sudah eksis sebelumnya,” ungkap penulis naskah kelahiran tahun 1962 ini.
“Pertama, virus Nipah yang memengaruhi babi. Yang lainnya, virus Hendra pada kuda. Hal lain yang tak kalah penting, virus ini dapat menyebar lintas-keluarga. Para ilmuwan di film ini menyebut persebarannya terjadi di pasar (hewan). Dari tubuh hewan lalu menular ke manusia,” Scott Z. Burns mengulas.
Sebagian penonton berspekulasi bahwa virus Corona adalah “wajah baru” dari virus MEV-1 yang mematikan satu persen penduduk dunia dalam film Contagion karya Steven Sodenbergh. Film berdurasi 1 jam dan 46 menit ini disebut sebagai film terpenting tahun 2020.

PODCAST