pause

Makanan & Minuma yang Nggak Seharusnya Kita Makan Setelah Olahraga

30 Mar, 2020

1. Makanan Lemak Tinggi
Makanan dengan kandungan lemak tinggi, baik yang berasal dari lemak sehat seperti minyak kelapa atau lemak jahat seperti junk food, sebaiknya tidak dikonsumsi setelah olahraga karena akan memperlambat kinerja pencernaan yang dalam tubuh.

2. Kopi
Cukup banyak orang yang meminum kopi setelah berolahraga. Padahal kopi membuat seseorang mudah dehidrasi. Minum kopi hanya akan membuat kita semakin dehidrasi meskipun sebelumnya telah minum air mineral.

3. Daging Merah
Lemak jenuh yang terkandung dalam daging merah tidak hanya dapat memperlambat metabolisme, tetapi juga mengganggu daya ingat dan proses menerima informasi. Salah satu fungsi olahraga adalah meningkatkan kinerja otak. Dengan mengonsumsi daging merah, manfaat tersebut tidak akan maksimal didapatkan. Lebih baik ganti dengan ikan tinggi protein (yang tidak digoreng) untuk mengganti daging merah sebagai lauk.

4. Soda
Segelas soda dingin selalu nampak menggoda untuk mengembalikan nergi tubuh, tapi minuman ini harus kita hindari karena setelah olahraga tubuh butuh terhidrasi dengan cukup dan soda tidak bisa mencukupi kebutuhan itu.

5. Boba
Minuman boba memang sedang hits, tapi sebaiknya dihindari karena mengandung kadar fruktosa yang tinggi. Selain lambat dicerna, minuman ini juga mengurangi efek pembakaran lemak dari latihan intensitas tinggi yang sudah kita lakukan.

PODCAST