Listen Here...!

HARI KOTA SEDUNIA

WCD-Logo

Tanggal 31 Oktober, oleh Perserikatan Bangsa Bangsa ditetapkan sebagai Hari Kota Sedunia.
Perkembangan pesat yang dialami sebagian besar kota di dunia, baik dalam ukuran maupun populasi yang sebagian tidak terkendali menjadi pertimbangan utama, mengapa PBB memberikan perhatian khusus terhadap peringatan Hari Kota Sedunia. Urbanisasi, emisi gas rumah kaca, pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan, manajemen transportasi, hingga pemukiman liar menjadi permaslahan utama yang mendominasi permaslahan kota-kota di dunia ini, termasuk kota kota di tanah air. Dalam menilai sebuah kota sebagai kota layak huni ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi. Kriteria-kriteria ini menjadi acuan yang penting mengingat kawasan perkotaan merupakan kawasan yang padat, baik dari sisi penduduk maupun aktivitas harian masyarakatnya.

Kenyamanan menjadi salah satu indikator utama untuk untuk mengukur kelayakhunian sebuah kota. Karena kenyamanan berkaitan  dengan  kualitas  hidup masyarakat, semakin  nyaman  sebuah  kota, maka masyarakat  akan semakin  betah  untuk hidup di dalamnya.

Jalan  yang bersih, jalur pejalan kaki yang penuh  estetika serta  aman,  taman  yang indah  serta menyegarkan, bangunan  yang tertata rapi  serta ramah terhadap lingkungan, sanitasi yang baik, sarana transportasi yang tertata dan terintegrasi, merupakan indikator bagaimana masyarakat melihat  kota layak huni. Kenyataan yang ada, semakin banyak kota besar di dunia ini yang semakin lama justru mengarah pada kota yang kurang layak huni.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *