Listen Here...!

Urusan belanja ke luar negeri, “SHOPPERS” INDONESIA URUTAN KE-5 DI DUNIA

Orang Indonesia tercatat sebagai pembelanja (shoppers) terbesar ke-5 di dunia. Menurut data Global Blue edisi Februari 2016, pembelanja Indonesia hanya kalah dari China, Timur Tengah, Rusia, dan Amerika Serikat.kosmo-popular-belanja-ke-luar-negeri-indonesia-nomer-5-kosmonita-radio-perempuan
Selama tiga tahun berturut-turut, Indonesia selalu menempati urutan lima teratas di dunia. Data ini menunjukkan kemampuan berbelanja orang Indonesia semakin menguat sejak November 2015. meskipun pertumbuhan ekonominya mengalami perlambatan.
Menurut Wakil Presiden Penjualan Global Blue Asia Pasifik, Jan Moller, pembelanja Indonesia menjadikan Singapura sebagai surga belanja. Indonesia juga dianggap menjadi pendorong utama kinerja TFS Singapura dalam dua bulan pertama tahun ini dengan rata-rata pertumbuhan 4 persen secara bulanan dan 3 persen secara tahunan (2015).
Penurunan pengeluaran juga sempat terjadi karena Rupiah melemah yang memengaruhi pengurangan permintaan untuk perjalanan wisata dan belanja pada 2015. Tapi saat kinerja Rupiah pulih, belanja Indonesia pun melonjak dalam dua bulan pertama tahun 2016.
Meski mengalami lonjakan, untuk segi pengeluaran masih dinilai lebih rendah dibandingkan pembelanja asing lain, karena preferensi mereka lebih banyak untuk kategori fashion.
Daya beli yang masih cukup tinggi dan tren gaya hidup semakin mendorong tingkat pengeluaran dan konsumsi yang cukup signifikan walaupun dalam kondisi ekonomi seperti sekarang ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *