Listen Here...!

TRANSPORTASI PALING UNIK DI DUNIA

Bamboo Train | Kamboja

Kamboja, Negara yang berada di wilayah Asia Tenggara ini mempunyai satu jenis transportasi umum yang unik bernama Nori atau istilah asingnya Bamboo Train. Sesuai dengan namanya, transportasi ini masih tradisional yang dibuat dari kayu dan bambu dan berjalan di atas rel yang dulunya bekas warisan Perancis dengan menggunakan sedikit daya listrik. Bamboo Train - kambojaBamboo Train merupakan transportasi umum yang memiliki daya tarik tersendiri karena saat ini tak hanya digunakan oleh warga lokal saja namun juga wisatawan asing banyak yang ingin mencobanya. yang Unik, transportasi umum yang memiliki kecepatan maksimal 40 km/jam ini hanya melayani rute dari 0 Dambong sampai 0 Sra Lay saja yang hanya berjarak 3,7 km. Dengan jarak tersebut, penumpang dapat menikmati pemandangan indah nan sederhana di negara Kamboja selama dua puluh menit.

Floating Bus | Kanada

secara fungsi Selain sebagai kendaraan yang bisa digunakan secara umum, transportasi umum juga memiliki kelebihan dan keuntungan lain salah satunya adalah menjadi daya tarik untuk sektor pariwisata di wilayah tersebut. Seperti alat transportasi yang satu ini, Floating Bus bernama Hippo yang ada di Kanada ini. Transportasi umum ini dibuat untuk tujuan menarik wisatawan asing berkeliling di sepanjang jalan Toronto, Kanada. Uniknya, Hippo adalah jenis transportasi amfibi alias bisa berjalan di darat dan di air. Hippo memiliki rute perjalan asyik yang disulap menjadi paket wisata tur selama 90 menit yang khusus ditawarkan kepada para wisatawan. kosmo-popular-transportasi-unik-yang-ada-di-dunia-malang-rumah pangan-kosmonita-radio-perempuanSelain berkeliling kota Toronto, Hippo juga mengajak wisatawan asing untuk mengarungi Danau Ontario yang terkenal dengan pemandangannya yang indah sena perairannya yang tenang. Floating Bus khas negara Kanada ini mampu mengangkut sebanyak 40 penumpang untuk satu kali jalan.

Underground Funicular, Carmelit | Israel

Carmelit adalah salah satu jenis transportasi umum paling unik di dunia yang dimiliki negara Israel. Transportasi umum ini termasuk jenis transportasi kereta bawah tanah atau tram kabel bawah tanah. Akan tetapi satu hal yang membuatnya lebih unik dibandingkan kereta bawah tanah yang lain adalah Carmelit tidak bergerak secara horizontal melainkan diagonal alias naik turun. Hal ini dikarenakan letak tram bawah tanah ini tepat berada di wilayah kota Haifa yang berada diatas Gunung Karmel. Underground Funicular - Carmelit - israelCarmelit memiliki empat gerbong dan enam stasiun yang masing-masing memiliki desain miring. Dengan jumlah enam stasiun tersebut, perbedaan ketinggian stasiun pertama dengan yang terakhir mencapai 274 meter! Transportasi umum ini hingga saat ini masih beroperasi meski beberapa kali mengalami tahapan renovasi besar-besaran.

Hanging Train (Schewebebahn Wuppertaler) | Jerman

Jerman adalah salah satu negara di wilayah Eropa Barat yang sejak dahuu terkenal kehebatannya dalam memproduksi alat transportasi mulai dari mobil, kereta api bahkan pesawat terbang. Diantara sekian banyak transportasi canggih yang berhasil dibuat oleh negara Jerman, terdapat satu jenis transportasi umum yang cukup unik dan menarik bernama Schewebebahn Wuppertaler atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah kereta mengambang. Yup, jika rel kereta normalnya berada diatas lain halnya rel untuk kereta mengambang ini. Rel yang dipakai untuk Schwebebahn Wuppertaler berada dibawah sehingga kereta berjalan dibawahnya mirip kereta gantung yang seolah mengambang. Hanging-Train-Schewebebahn-WuppertalerTransportasi umum ini sudah ada sejak tahun 1901 dan hingga saat ini masih beroperasi yang setiap harinya membawa 75.000 penumpang dengan rata-rata kecepatan 60 km/jam. Bahkan kereta mengambang ini memiliki stasiun pemberhentian sendiri di Jerman sebanyak 20 tempat.

sumber : anehdidunia[dot]com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *