Listen Here...!

YANGKO

Kalau di negeri Cina dikenal dengan kue moci, di Indonesia ada kue Yangko yang bentuknya nyerupai kue moci. Yangko adalah makanan dari adonan tepung ketan yang dibalut tepung gula dengan rasa manis dan khas, karena ada gurihnya. Yangko biasa berbentuk kotak dan didalamnya telah diisi oleh isi kue berupa kacang. Dijaman sekarang/ makanan ini bermodifikasi lebih menarik,dan makanan ini juga dikenal sebagai salah satu kekayaan kuliner khas Yogyakarta.
Yangko yang memiliki rasa yang kental manis ini adalah makanan khas dari Kotagede,Yogyakarta yang juga terkenal dengan kerajina peraknya.DuluKotagede adalah ibukota Kerajaan Mataram Islam,sebuah kerajaan besar yang menjadi cikal-bakal Kasunanan Surakarta danKasultanan Yogyakarta.
Di kota inilah sejarah Yangko bermula dimana dahulu makanan ini dikenal sebagai makanan raja-raja atau priyayi. Tidak semua rakyat biasa bisa menikmatinya karena harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Bahkan Yangko ini dipercaya juga sebagai makanan yang dibawa Pangeran Diponegoro saat bergerilya karena Yangko dapat bertahan cukup lama dan tidak basi.
Nama yangko diyakini berasal dari kata kiyangko.Dalam pelafalan lidah orang Jawa, kata kiyangko diucapkan dengan singkat menjadi yangko.Yangko saat ini dijual sebagai oleh-oleh dan banyak ditemui di berbagai toko oleh-oleh di Yogyakarta. Harganya juga cukup bervariasi antara Rp.8000,- sampai Rp.10.000,- jika pembeli membeli langsung ke pembuatnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *