Listen Here...!

Beauty in You – Hair

Kebiasaan Kecil Ini Bantu Mencegah Ketombe Datang
Rambut berketombe merupakan salah satu masalah rambut yang kerap menyerang kulit kepala di daerah tropis seperti Indonesia. Penyebab ketombe sendiri beragam. Mulai dari kulit kepala yang kering hingga kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. Untuk mengatasinya ada beberapa kebiasaan kecil yang harus dilakukan

Shampo Khusus Ketombe

Memakai shampo khusus ketombe memang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ketombe. Namun, cara pemakaian yang salah justru akan memperparah kondisinya. Maka dari itu, selalu ikuti petunjuk yang tercantum dalam produk tersebut agar kulit kepala tetap bersih.

Gunakan Sisir yang Bersih

Demi menjaga kebersihan tubuh, gunakan peralatan milik sendiri. hal tersebut bertujuan agar tubuh tidak terkontaminasi oleh bakteri ataupun jamur yang ada pada peralatan milik orang lain. hal tersebut juga berlaku untuk mencegah ketombe. Agar rambut tetap bersih, gunakan sisir milikmu sendiri. Namun, jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan sisir dengan mencucinya secara rutin. Cara tersebut akan menghilangkan kotoran atau bahkan jamur penyebab ketombe yang mungkin menempel pada sisir.

Aplikasikan Masker Rambut

Kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab ketombe. Untuk menyiasatinya, bisa dengan mengaplikasikan masker rambut secara rutin. Manfaatkan masker rambut alami seperi telur. Kocok telur, oleskan pada rambut secara merata sambil memijat lembut. Perawatan alami ini akan menutrisi sel kulit kepala dan rambut sehingga terhindar dari masalah ketombe.

Asupan Cairan

Sel kulit kepala yang kering juga menjadi penyebab terbanyak dari rambut berketombe. Perbanyak konsumsi cairan dalam tubuh, terutama air putih. Air putih berfungsi melembapkan sel tubuh, termasuk dengan sel kulit kepala. Kondisi tersebut tentu saja akan menghindarkan dari kulit kepala kering yang dapat menjadi penyebab ketombe.

Tenangkan Pikiran dan Tubuh

Siapa sangka jika stres juga menjadi penyebab ketombe? Namun, jangan khawatir. Untuk mengatasinya cukup dengan merelaksasi tubuh dan pikiran. Misalnya saja dengan melakukan hobi di akhir pekan. Bisa juga mengunjungi sejumlah destinasi wisata di sekitar tempat tinggal. Alternatif lainnya adalah menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Sumber: vemale[dot]com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *